Sabtu, 27 Juli 2013

Jurusan Kuliah


Jurusan kuliah

Galau,Kelas 12,Siswa,SMA. Yap semuanya ada sangkut pautnya antara 1 dgn lainnya, ketika anda di penghujung kelas 12. Pertanyaan akan kemana diri saya ini? Akan jadi apa kita ini ketika sudah besar? Segala pertanyaan tersebut muncul dan membuat kegalauan yang luar biasa. Sebagai mantan ketua kelas di kelas 12 gue pun menyadari banyaknya hal ini terjadi di kalangan siswa kelas 12, di lihat dari banyakya pertanyaan yg mengalir ke gue menanyakan tentang masalah kehidupan  jadi siswa kelas 12 yg di antaranya jurusan kuliah dan prospeknya.

Kesalahan fatal yg sering di lakukan siswa kelas 12 pada umumnya adalah mengabaikan/cuek untuk masalah ini sehingga buat masalah menjadi numpuk dalam deadline yg cukup mendesak.padahal mereka sudah tau bahwa tugas siswa kelas 12 adalah banyak sekali dari mulai mereka bersiap mengumpulkan nilai terbaik untuk semester 5 persiapan untuk SNMPTN, persiapan UN, deadline tugas, TO yg tiada hentinya, dan tentunya persiapan masuk PTN. Semua itu harus ada persiapan yg matang dan menggunakan strategi tentunya.

Untuk masalah penentuan jurusan contohnya seharusnya hal ini sudah di pikirkan jauh-jauh hari ketika dia baru melangkah di kelas 12 dari kelas 11.sehingga ketika masuk pertengahan kelas 12 dia sudah matang dengan jurusan yg dia pilih sehingga, bisa fokus ke TO dan UN. Tapi dalam kenyataannya tidak mereka berpikir nanti sajalah pikirinnya masih banyak waktu untuk mikirin gituan. Padahal sebenernya ga bisa gitu, hal yg di tunda terus menerus malah bikin pikiran kacau.

Mungkin kurangnya informasi yg mereka dapat jadi alasannya. Padahal banyak sekali informasi di internet, atau mereka bisa bertanya pada bimbingan belajar mereka. Setelah kalian dapatkan informasi yg kalian harus lakukan lagi adalah bertanya ke dalam hati kalian apa sih yg kamu mau? Apa yg gue sukain? Makanya kita harus bisa mengenali diri kita sendiri.

Kesalahan siswa selanjutnya adalah sering sekali melihat NAMA BESAR SEBUAH UNIVERSITAS sampe mengabaikan jurusan yg mereka pilih. Padahal universitas hanya sarananya saja hasilnya tetap pada diri kita sendiri. Apakah lulusan UI di jamin lebih sukses dari lulusan UNCEN? I guess not guys. Banyak sekali mahasiswa yg menyesal akibat kesalahan ini mulai: dari gabisa ngikuttin belajar di kampus itu yg cepat, jurusan yg ga sesuai, bahkan di DO. Hal ini harus di cermati jgn sampe kita terlena sama besarnya UNIVERSITAS itu. Padahal yg terpenting  adalah passion kalian guys.

Kesalahan selanjutnya adalah “Ikut-ikut temen” wah kalo yg satu ini gawat asli gawat. Artinya anak ini krisis kepercayaan, dan seperti yg gue bilang di atas ga kenal dengan dirinya sendiri. Bohong besar jika suatu anak tidak memiliki minat dalam bidang tertentu. Pernah percakapan gue ke seorang siswa dia bilang dia ga punya minat dalam bidang apapun, gue pun ga percaya dan setelah itu gue Tanya “lo sukanya ngapain sih atau hobi lo apa” terus dia jawab “gue sih sukanya jalan sambil hunting foto terus gue edit di photoshop  buat iseng aja sih yo” abis itu gue jawab “hmm emg kenapa lo suka dunia fotografi? Terus dia jawab “gue suka seni tapi ga jago gambar yo” seketika gue langsung ngomong ke dia “nah itu fotografi! Kenapa lo ga kuliah jurusan fotografi atau design gitu? Setelah itu temen gue kyknya ikuttin saran gue. Nah begitu buat temen-temen mau tau minat kalian dimana jangan berpatokan pelajaran di sekolah bisa dari hobi atau lainnya.

Sekali lagi gue ingettin jangan ikut-ikut temen bias rugi 4 th kalian eh bukan seumur hidup bahkan. Beruntung kalo kalian pinter maksudnya mampu dengan cepat mencerna semua ilmu baru, kalo ga? Mimpi buruk deh. Gue bukannya nakuttin atau apa tapi emg kenyataannya begini, makanya kalo gamau mimpi buruk itu terjadi ke kalian persiapkan dengan baik gunakan strategi dan yg paling penting BELAJAR dan BERDOA.  


Inilah ya mungkin gue tangkap dari temen” gue selama ini. Gue juga belom sempurna sbnrnya tapi mungkin bisa membantu. Yg benar hanya datangnya dari allah, dan yg salah mungkin dari diri saya sendir dan setan yg terkutuk.


follow: @leowsn








Tidak ada komentar:

Posting Komentar